Tahu Nggak,Odong-Odong Ternyata Ikut Melestarikan Lagu Anak-Anak

0 Comment
Tahu Nggak,Odong-Odong Ternyata Ikut Melestarikan Lagu Anak-Anak
via cerita andumhumor


andumhumor.com - Hayo siapa diantara kalian yang tidak mengenal odong-odong, pasti semua tahu kan apa itu odong-odong. Yap, sebuah wahana hiburan sederhana yang memang diperuntukkan bagi anak-anak kecil. Odong-odong biasanya semacam kendaraan mirip becak yang di depannya berisi lebih kurang 4 buah kendaraan mainan yang bisa dinaiki oleh anak-anak. Tak melulu kendaraan, kadang juga berbentuk hewan lho. Odong-odong sangat gampang ditemui di tempat-tempat ramai, apalagi jika banyak anak-anak disitu. Bahkan tak jarang odong-odong juga berkeliling kompleks atau kampung-kampung.

Untuk menikmati odong-odong cukup dengan naik ke atas kendaraan mainan yang sudah disiapkan, kemudian mamang odong-odong akan mulai mengayuh odong-odong mirip mengayuh sepeda angin. Odong-odong pun akan mulai berputar-putar atau hanya bergoyang naik turun di tempat saja. Tak lupa lagu anak-anak ikut dimaikan seiring dengan goyangan odong-odong. Bagi kalian yang sudah mengenal pacaran, seperti ini pasti nggak menyenangkan banget, tapi bagi adik-adik kalian yang masih suka ngompol di celana, bermain odong-odong jelas sangat menyenangkan.

Tapi tahukah kalian, ternyata ada banyak sekali lagu anak-anak yang dimainkan saat odong-odong mulai dikayuh lho. Jangan berfikir lagu anak-anak yang seperti sekarang ya, karena ini benar-benar lagu untuk anak-anak. Kalau kalian anak generasi 90an, pasti sangat mengenal lagu anak-anak ini. Memang apa saja sih lagu anak-anak yang sering dimainkan odong-odong?, yuk simak disini.

1. Balonku


Pasti kalian sangat tidak asing dengan lagu ini. Menceritakan kisah balon 5 warna, lagu ini kerap dinyanyikan anak-anak sambil bertepuk tangan. Meskipun akhirnya, sang balon hijau harus rela meletus hingga mengakibatkan kacau hatiku. Setelah kejadian itu, aku pun harus rela memegang erat-erat empat balon sisanya agar tidak meletus.

2. Bintang Kecil


Lagu ini menceritakan kisah sebuah bintang kecil yang tampak dan sangat banyak menghias angkasa. Banyak dari kalian pasti juga punya cita-cita yang sama kan, ingin terbang dan menari bersama bintang. Meskipun ketika dewasa kalian akhirnya tahu bahwa tidak ada yang namanya bintang kecil.

3. Naik Kereta Api


Lagu ini mengisahkan perjalanan naik kereta api dari mulai jakarta hinga bandung dan surabaya. Huft, sudah pasti capek banget ya. Dan bayangkan saja, naik mulai jakarta sampai ke surabaya tanpa mengeluarkan uang sedikitpun, lho. Sudah gratis, tapi masih tega ajak-ajak teman, bisa bangkrut nih perusahaan kereta api indonesia.

4. Potong Bebek Angsa


Lagu potong bebek angsa menceritakan tentang bagaimana bebek dan angsa yang dipotong untuk dimasak di sebuah kuali, namun entah bagaimana seorang nona-nona muncul untuk mengajak dansa. Lagu ini sempat menjadi lagu plesetan seorang politikus terkenal lho, padahal lagu ini sebenarnya cocok banget buat anak-anak.

5. Selamat Ulang Tahun


Kalau lagu ini, pasti kalian semua sudah hafal banget. Sebuah lagu sederhana yang berisi doa dan harapan kepada teman-teman yang sedang berulang tahun agar selalu sehat dan panjang umur. Lagu ini selalu dinyanyikan saat perayaan ulang tahun anak-anak.

Di jaman yang serba "wah" seperti ini, anak-anak kecil lebih mengenal lagu-lagu yang harusnya bukan untuk anak-anak. Bayangkan saja, saat acara televisi lebih banyak menyajikan cerita-ceita percintaan yang mirisnya, banyak ditiru anak-anak kecil, konten-konten negatif di internet yang dengan mudahnya bisa diakses anak-anak karena kurangnya pengawasan orang tua, menjadikan anak-anak kehilangan masa kecil yang seharusnya jauh dari hal-hal tersebut. Hampir semua media elektronik pun tidak begitu banyak memberikan ruang bagi acara untuk anak-anak yang benar-benar memberikan pendidikan.

Beda banget ya dengan odong-odong, yang secara tidak langsung ikut melestarikan lagu anak-anak lho. Terimakasih mamang odong-odong, lestarikan terus lagu anak-anak ya. [arif/andumhumor.com]

Post a Comment Blogger

 
Top