Kalian Anak 90an, Masih Kenal Nggak Sama Buku-Buku Ini?

Diposting oleh

Yang ini dibaca juga dong


Kalian Anak 90an, Masih Kenal Nggak Sama Buku-Buku Ini?
via image-search


andumhumor.com - Buat kalian yang lahir di tahun 80an dan menikmati masa sekolah dasar di tahun 90an, bisa dibilang belum mengenal teknologi internet.
Bahkan pas nonton tv aja masih diselingin sama siaran dunia dalam berita kan?

Nah pada masa-masa itu, karena memang belum adanya internet, kita masih sangat mengandalkan buku pegangan untuk belajar di sekolah sehari-harinya kan?
Buku-buku inilah yang menjadi kenangan kita selama masa belajar di sekolah dulu.
Kira-kira kalian masih ingat nggak sama buku-buku ini?


1. Buku RPAL


ALT_Gambar
BUKU RPAL

Buku RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap), buku ini berisi hampir semua pengetahuan dasar soal tubuh manusia, alam, dan makhluk hidup lainnya sob.
Yang paling menarik dari buku ini adalah.... gambarnya ..
hehehe

2. Buku RPUL


ALT_Gambar
BKU RPUL

Satu paket dengan buku RPAL, buku RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), berisi hampir semua pengetahuan dasar soal masyarakat, sejarah, dan sebagainya.
Mulai inget lagi kan buku-buku ini?

3. Buku PPKN


ALT_Gambar
Buku PPKN

Kalo sekarang mungkin namanya PKN, Kewarganegaraan, atau apa lah, tapi kalo dulu kita ingatnya PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).
Buku ini isinya soal pengamalan nilai-nilai pancasila dan budi pekerti luhur sob.
Dulu tiap pagi, pasti kita disuruh maju ke depan kelas buat baca pancasila diikuti oleh temen-temen kelas lainnya kan?

4. Peta Buta


ALT_Gambar
Peta Buta

Beda sama jaman sekarang, dulu gak ada yang namanya google maps.
Kita harus bisa hafal nih nama-nama negara dari gambar peta yang ada.
Bahkan ada sebagian yang harus digambar manual lho di buku gambar.

5. Buku Matematika


ALT_Gambar
Buku Matematika

Buku ini lumayan tebel lho, dan isinya juga berimbang.
Kalo kata orang dulu, ping poro lan sudo (perkalian pembagian penjumlahan pengurangan), cukup lengkap sob.
Jadi gak perlu kalkulator biar pandai berhitung.

6. Buku Kesehatan


ALT_Gambar
Buku Pendidikan Kesehatan

Buku ini tergolong buku paling bersih dari buku-buku lainnya.
Lha gimana nggak bersih, jarang banget dibuka.

7. Buku IPS


ALT_Gambar
Buku IPS

Hampir mirip kayak buku RPUL, tapi muatannya lebih rinci.
Ada sejarah dan pengenalan masyarakat.

8. Buku IPA


ALT_Gambar
Buku IPA

Hampir sama juga kayak buku RPAL, namun isi bahasannya lebih rinci lagi.
Misalnya, pengenalan ekosistem,siklus hidup air atau bahkan siklus hidup katak.
Yang paling disukai, gambarnya sob..
hehehe

9. Buku Tabungan


ALT_Gambar
Buku Tabungan

Buku ini mengajarkan kita tentang pentingnya menabung sejak dini sob.
Kegiatan menabung dilakukan setiap hari senin (biasanya), nominalnya juga bisa 500 perak sampai 5000 perak.
Kapan ngambilnya?, ngambilnya waktu terima raport sob..
Sama ortu, kalo nilainya bagus-bagus, langsung deh dibeliin hadiah pake uang tabungan itu..

10. Buku Pondok Ramadhan


ALT_Gambar
Buku Ramadhan

Buku ini terbitnya setahun sekali aja sob, pas di bulan ramadhan.
Isinya, kegiatan kita di rumah selama libur puasa ramadhan.
Kalo sholat tarawih, sholatnya dimana, imamnya siapa, berapa rakaat, jangan lupa tanda tangan imamnya.
Kalo sholat jumat, sama juga kayak sholat tarawih, ada tambahan isi khutbahnya lho..

11. Buku Bahasa Indonesia


ALT_Gambar
Lancar Berbahasa Indonesia

Buku ini seingetku lebih tebel dari buku-buku sebelumnya sob.
Yang paling disukai dari buku ini adalah, banyak cerita-cerita dongeng dan cerita pendeknya.

12. Buku Pepak Boso Jawa


ALT_Gambar
Pepak Boso Jawa

Buku ini ada, soalnya ada muatan lokal di sekolah dulu.
Kita jadi bisa mengenal budaya kita sejak dini sob.
Di buku ini dibahas soal cerita pewayangan, tembang-tembang (lagu-lagu), tata krama, dan yang pasti huruf jawa.

Kira-kira sekarang masih ada nggak ya buku-buku di atas?
[arif/andumhumor.com]


Belum puas juga ketawanya? Berlangganan aja disini..
Youtube Channel | Facebook Fans Page | Google Plus | Instagram | Google Playstore

Email dirahasiakan.



Andum humor,berisi humor-humor dan cerita absurb yang dikumpulkan oleh penulis (dalam hal ini saya), baik dari media online ataupun media offline. Penulis sendiri tidak bisa ngelawak,karena membela kebenaran adalah tugas dari pahlawan bertopeng. Andumhumor Silahkan kirim email untuk update humornya


Email dirahasiakan.
00.45

0 komentar:

Posting Komentar